Santri Pengelana

Berjalan tanpa henti

Kuliah diluarnegeri siapa takut

Masa SMA adalah masa yang indah bagi sebagian orang. Masa dimana seseorang bisa merasakan pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan, misalnya pacaran, bertemu teman-teman yang sehati dan sepemikiran, dan merasakan nikmatnya arti sebuah persahabatan yang lebih dari sebelumnya yang dimana hal-hal itu haya bisa kita rasakan di masa SMA. Namun masa itu hanya kita rasakan selama tiga tahun dan akan melanjutkan ketantangan hidup yang lebih besar.

Menyelesaikan studi di SMA kan masih ada yang namanya dunia perkuliahan. Di Indonesia khususnya, banyak universitas-universitas yang baik untuk dijadikan pilihan ada UI ( Jakarta ), UGM ( Yogyakarta ), ITB ( Bandung ), IPB ( Bogor ), dan UH ( Makassar ), dan kesemuanya itu adalah tempat-tempat yang berpotensi untuk meningkatkan pengetahuan kita selepas menyelesaikan program SMA.

Namun, ada baiknya bagi para pelajar Indonesia memiliki naluri petualang yang besar, kemandirian yang mantap, dan pemikiran yang teguh untuk menantang dunia luar yang ada di depan, dunia yang menuntut kemandirian dan displin yang ketat akan waktu. Pepatah tua yang mengatakan hujan batu dinegeri sendiri lebih baik daripada hujan emas dinegeri orang mungkin lebih baik kita jadikan nostalgia karena itu adalah pepatah tempoe doloe prend……!. Sekarang zaman udah berubah maka kita harus merubah pepatah itu menjadi hujan emas dinegeri orang bawa emas itu kenegeri sendiri. Maksudnya adalah lihatlah potensi positif dari daerah lain dan bawa pulang potensi itu dan kemudian kembangkan lagi guna menuju kearah yang lebih baik

Sejujurnya, senyaman-nyamannya negeri orang lebih nyaman negeri sendiri itu memang betul, tapi kita semua harus ingat bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian adalah prinsip yang harus kita pegang. Hal ini samalah dalam berpacaran. Bagaimana seseorang mau meyukai pacarnya klo dia tidak mengenalnya.

Oleh karena itu, ada baiknya kita tidak hanya terfokus pada perguruan tinggi yang ada di dalam negeri namun juga universitas-universitas diluar negeri harus dijadikan pilihan selanjutnya meskipun tidak mudah untuk mewujudkannya karena banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan. Tetapi bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk diwujudkan.

BIAYANYA MAHAL……

Pernyataan diatas adalah pernyataan yang sering muncul dari mulut para pelajar, tapi apakah biaya menjadi halangan untuk menjadi sukses, sejujurnya kami jawab dengan lantang TIDAK..!!!

Banyak jalan menuju roma, banyak jalan menuju sukses. Tidak semua pendidikan memerlukan biaya yang besar. Banyak beasiswa yang ditawarkan bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri. Beasiswa itu tidak hanya dari pemerintah, perusahaan-perusahaan tetapi dari universitas-universitas itu sendiri. Tapi tidak semua orang bisa mendapatkan beasiswa tersebut disebabkan persaingan yang sangat ketat maka mereka melakukan terjun bebas dimana seluruh biaya ditanggun oleh mereka sendiri.

WAH SAMA AJA BO’ONG…!!! Jangan pesimis dulu, di dunia ini bukan hanya Indonesia saja yang berdiri, masih banyak Negara-nagara lain kok. So janganlah langsung kalang kabut seperti yang kami katakan tadi banyak jalan menuju roma. Awal kegagalan manusia itu berdasarkan pikiran mereka. mereka berpikir gagal maka mereka gagal dan sebaliknya mereka berpikir sukses maka semua akan berjalan sesuai keinginan mereka.

Banyak pilihan Negara yang bisa kalian jadikan pilihan misalnya Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jepang, dan yang lainnya. Dalam kesempatan ini kami merekomendasikan Malaysia sebagai tempat melanjutkan kuliah bagi kalian kedepan.

KENAPA HARUS MALAYSIA ?

Ada banyak hal yang melatarbelakangi mengapa kami pilih Malaysia, dan kami menyebutnya dengan istilah 3M tapi bukan untuk membasmi deman berdarah, 3M ini adalah Mudah, Murah, dan Menyenangkan

Kenapa Mudah ?

Dengan membuka peta yang bisa dibeli di toko buku ( bagi yang tak punya peta masuk aja di ruang kepala sekolah cari globe ), dan melihat lintang dan bujur serta letak geografis Negara Malaysia, maka Negara itulah yang dekat dari Indonesia, so dengan mudah kita dapat sampai ke Malaysia baik lewat Udara maupun laut tinggal pilih aja, gitu aja kok repot ( KATA GUS DUR )..!!!

Bagi kawan-kawan pembaca yang memiliki penyakit homesick tak perlu khawatir. Dengan mudahnya, sekali lagi dengan Mudahnya kita bisa pulang balik Indonesia – Malaysia , sekali lagi dengan apa??. MUDAH….!!!

Apalagi dari segi bahasa, karena kita bangsa Indonesia adalah rumpun Melayu, maka tak perlu repot dengan yang namanya bahasa Melayu karena hamper mirip dengan bahasa Indonesia itu sendiri tapi perlu penyesuaian tentunya, sebagai contoh ada beberapa kata yang bagi kita bangsa Indonesia biasa-biasa saja namun bagi mereka perkataan itu cabul, dalam hal ini ada 2 kata yaitu butuh dan punggung.

Bagi kita itu biasa saja dan sering kita lafadzkan tapi bagi mereka itu cabul, kenapa ? karena artinya butuh adalah alat vital laki-laki dan punggung sama dengan bokong bagi rakyat Malaysia, maka kita perlulah berhati-hati dalam mengeluarkan perkataan jadi WASPADALAH..WASPADALAH…!!!

MURAH, BAGAIMANA BISA ?

Ya…bisalah, dari hasil riset bertahun-tahun dan menghabiskan dana jutaan rupiah ( ah…ngawuR ). Di Malaysia semua perguruan tinggi Negara sudah berada di dalam tanggungan pemerintah atau di Malaysia lebih dikenal dengan istilah kerajaan, maka semua IPTN yang berada di naungan kerajaan memiliki biaya yang relatif murah dibandingkan IPTN-IPTN swasta,

sistem penerimaannya pun dilakukan setiap semester, so penerimaan MABA diadakan setiap 6 buLan sekali dan sistem penilaian penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai Ujian Nasional. Jadi, di Malaysia tidak mengenal bahkan tidak menerapkan yang namanya UMB ataupun UMPTN yang sering diikuti oleh lulusan SMA di Indonesia dalam artian nilai bagus dan memenuhi standar (7.5 upto) maka universitas di Malaysia akan mengucapkan WELCOME TO OUR CAMPUS

MENYENANGKAN, nggak percaya ?

Kehidupan dan suasana di Malaysia hampir sama dengan kehidupan Indonesia pada umumnya oleh karena itu kita tidak pernah merasa asing dengan keadaan di Malaysia. Ditambah lagi pergaulan disana adalah pergaulan internasional karena tidak hanya orang melayu, disana ada pula orang cina, India, Arab, Australia, Amerika, dan Afrika pun tak mau ketinggalan.

Maka selain kemahiran bersosialisasi kita diasah kemahiran bercakap dan bertutur kata dalam bahasa internasional pun diuji dalam hal ini adalah bahasa inggris.

Banyak pula kemudahan dan kebiasaan yang bisa kita dapat dan kita bisa kembangkan dan bawa kembali ke Indonesia, adalah budaya antri dan memakai sabuk pengaman, karena disemua tempat umum orang-orang harus antri dan ketika berkendaraan kita harus memakai sabuk pengaman kalau tidak kita akan ditilang (saman) dengan denda yang sangat mahal tentunya,

Maka daripada itu kami mengingatkan bahwa kesuksesan akan datang dari segala arah tergantung dari mana arah yang kita mulai, jangan takut untuk melakukan perubahan, kuatkan tekad, asah kemandirian, jangan takut keluar negeri mau itu laki-laki atau pun perempuan dengan tujuan yang jelas semua rintangan bisa dilewati.

Kami tak akan mengatakan hal ini kalau kami belum merasakan, dimana ada tekad yang kuat disitu ada jalan terang yang menanti. Tanamkan dalam diri kawan-kawan bahwa setiap jalan pasti ada rintangan baik di dalam maupun diluar negeri semua pasti ada hambatan, hanya dengan ridho allah swt dan retu orang tua serta tak putus berdoa dalam sholat, tidak ada yang mustahil di dunia ini jikalau dibarengi dengan niat yang tulus suci.

Banyak orang yang beranggapan kalau kuliah diluar negeri khususnya Malaysia diidentikkan dengan yang namanya tenaga kerja, dan itu tidak benar, pelajar dan pekerja itu jelas berbeda, maka sebelum keluar negeri ada hal yang penting yang harus dipersiapakan

1. tujuan yang jelas

2. tekad yang bulat

3. dana yang mencukupi

Janganlah kuliah keluar negeri hanya tujuannya untuk mau dikata atau mau dipuji, rubahlah niat itu sekarang dan camkan dalam pikiran tujuan saya kuliah diluar negeri ingin sukses dan mendapatkan pengetahuan yang lebih yang suatu saat akan digunakan untuk mengabdikan diri untuk Negara

Bulatkan tekad, karena dengan tekad yang sudah kokoh, walau badai menghadap kita tetap kokoh menuju kedepan, menuju masa depan yang baik. Apapun orang katakan tentang kita, walaupun godaan hawa nafsu dunia menerjang karena tekad kita datang untuk belajar dan sukses, insya allah kita bisa melewatinya dengan baik.

Dan yang terakhir sediakan dana yang cukup, jangan kurang jangan lebih, cukupkan untuk keperluan yang penting saja, bagi yang suka shoping, bolehlah shoping tapi jangan boros bisa merepotkan diri sendiri.

January 30, 2009 - Posted by | kuliah

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: